Maksimalkan Investasi dengan Asuransi Jiwa

"Pentingnya membangun budaya menabung lewat skema asuransi jiwa"

Esensinya, asuransi jiwa amat sangat membantu kita dalam mendisiplinkan diri dengan kebiasaan menabung demi kesejahteraan di masa depan. Meskipun demikian, kebanyakan orang lebih suka menabung di bank ketimbang membeli produk asuransi jiwa. Dengan kata lain, ada banyak orang yang sudah memiliki tabungan dan deposito di bank tetapi mereka belum memiliki satu pun polis asuransi jiwa.

Kondisi ini bisa dimaklumi mengingat sebagian besar masyarakat kita belum banyak yang memanfaatkan asuransi jiwa untuk memberikan nilai yang baik dan manfaat secara maksimal dari uang yang mereka miliki. Itu sebabnya, salah satu tujuan dari penayangan Kolom Asuransi ini ialah memberikan informasi dan ilustrasi tentang manfaat asuransi serta korelasinya dengan upaya membangun budaya menabung di kalangan masyarakat.

Pertimbangkan aspek value of money!

Dalam konteks menabung untuk tujuan jangka panjang, kita perlu memahami konsep hakiki dari value of money (nilai uang) serta implikasinya terhadap pengelolaan uang yang kita miliki.

Perenungannya, Anda harus selalu mengambil satu di antara dua pilihan untuk membuat sebuah keputusan! Sesudah itu, Anda perlu mengetahui pula bahwa Anda harus mengorbankan keuntungan yang mungkin bisa Anda diperoleh dari alternatif pilihan yang tidak Anda ambil. Ketika Anda menginvestasikan uang Anda pada salah satu instrumen keuangan untuk mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang atau demi keamanan aspek keuangan Anda di masa mendatang, misalnya, Anda harus mengorbankan keinginan Anda yang lain untuk membeli sesuatu dengan uang yang sama saat ini.

Dalam proses pengambilan keputusan seperti ini, Anda harus mempertimbangkan aspek value of money secara serius! Artinya, Anda menyadari sebuah fakta b a h w a uang Anda akan bertumbuh di masa yang akan datang, dan itu disebabkan oleh kompensasi “bunga”atas uang yang Anda investasikan. Dalam hal pertimbangan value of money dari aspek keuangan yang Anda miliki,Anda perlu memanfaatkan produk asuransi jiwa! Mengapa demikian?

Karena produk asuransi jiwa bisa mengakomodasi kepentingan Anda dalam mengoptimalkan nilai investasi Anda secara jangka panjang dan terus-menerus, bahkan sampai Anda meninggal dunia sekalipun. Secara kontekstual, yang perlu Anda diketahui adalah bahwa produk tabungan Anda di bank akan berakhir apabila Anda sebagai pemegang rekening meninggal dunia.

Pada kondisi ini, ahli waris Anda,yang notabene adalah orang-orang yang Anda cintai hanya dapat mendapatkan sejumlah dana yang tercantum pada rekening tabungan Anda. Bagaimana pula dengan konteks manfaat menabung dengan menggunakan skema asuransi jiwa, ketika Anda, misalnya, ketika Anda meninggal dunia secara tak terduga? Secara praktis, ahli waris Anda akan mendapatkan jaminan penuh dari besaran uang yang telah disepakati dan tercantum dalam polis asuransi jiwa yang Anda miliki.

Secara lebih lengkap,dalam produk asuransi jiwa Mitra Cerdas Bumiputera, misalnya,manfaat asuransi di dalamnya akan terakomodasi dalam bentuk pembayaran terhadap empat kondisi yang berbeda. Pertama, polis asuransi akan membayarkan manfaat Beasiswa secara langsung pada saat anak –anak memasuki bangku sekolah yg dimulai dari masuk SD, SMP, SMA, dan masuk PT (Perguruan Tinggi) ke-2 nilai pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia selama jangka waktu asuransi dibayarkan kepada ahliwarisnya sementar manfaat beasiswa tetap berjalan sesuai dengan kontrak yang tercantum di Polis Mitra Cerdas dan Polis menjadi bebas premi. Ke-3, polis asuransi akan menyediakan manfaat tunai ketika pemegang polis menjual polisnya (akumulasi Dana ) kepada AJB Bumiputera 1912 dan asuransi menjadi berakhir. Dan ke-4 dari sisi investasi digaransi batas bawah minimal 4,5 % / tahun secara efektif dan apabila hasil investasi AJB Bumiputera 1912 melebihi batas bawah garansi maka hitungnnya akan mengikuti investasi tersebut.

Mengapa tertanggung mendapatkan beragam manfaat tunai dari polis asuransi Mitra Cerdas Bumiputera yang dimilikinya? Hal ini dimungkinkan karena asuransi jiwa memiliki 2 dua komponen, yakni komponen proteksi atas jiwa dan komponen tabungan atas hasil investasi yang dimiliki.

Proteksi atas jiwa memberikan perlindungan kematian, sedangkan komponen tabungan memberikan manfaat pembayaran beasiswa yang terus menerus sampai dengan anak-anak selesai menempuh masa pendidikan dibangku sekolah walaupun kondisi orang tuanya meninggal dunia sesuai dengan tujuan menabung beasiswa. Dari penjelasan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa asuransi jiwa bisa memberikan nilai yang baik terhadap uang yang Anda miliki. Selain itu, produk asuransi jiwa juga memberikan rasa aman bagi Anda, dan keluarga Anda pun terhindar dari kemungkinan munculnya beban finansial yang cukup besar akibat munculnya kemalangan/ kejadian tak terduga di kemudian hari.

Perenungan tentang pentingnya upaya menabung dan investasi dalam skema asuransi jiwa akan terasa nyata ketika kita sering mendengar beberapa orang di sekitar kita yang berkata: “Saya beruntung karena saya telah memutuskan untuk menginvestasikan dana saya pada asuransi jiwa. Dan ketika anak –anak kita bicara ” Saya bangga dengan ayah saya almarhum,berkat perjuangannya sewaktu masih hidup mendaftarkan dan meikutkan saya pada Asuransi Mitra Beasiswa Bumiputera sehingga saya masih tetap sekolah seperti layaknya teman-teman saya yang saat ini masih punya ayah” terimakasih ayah engkau telah membeasiswakan akau sehingga aku masih bisa mengenyang pendidikan sampai saat ini. Saya tidak mau mengalami peristiwa yang terjadi pada teman saya baru-baru ini. Dia mengalami masa yang sulit dan semua tabungan sudah habis karena munculnya biaya besar akibat kemalangan yang terjadi!” Kita sepakat agar ungkapan seperti itu tidak lagi terdengar (atau paling tidak diminimalisasi) di antara anggota keluarga, tetangga,kolega, dan orang-orang yang kita cintai.

Kuncinya, perlengkapi diri Anda dengan polis asuransi jiwa, yang di dalamnya juga sudah mengandung unsur tabungan.Sesudah itu Selanjutnya,kita menyampaikan pentingnya berasuransi ini kepada sebanyak mungkin orang sehingga nantinya mereka bisa menikmati kehidupan yang sejahtera bersama keluarga tercinta.

Postingan populer dari blog ini

Panduan Menyimpan Dana di Bank

Risiko Investasi Reksadana

Menyiasati Penurunan Harga REKSADANA